1. Perbedaan
antara Teknologi dan Media
Ø Teknologi adalah istilah yang berkaitan dengan dengan
pemanfaatan dan pengetahuan tentang perkakas dan ketrampilan.Teknologi berasal dari bahasa
Yunani ,yaitu tecnologia yg diambil
dari kata Techne yang artinya
kemampuan dan kata logia yang berarti
ungkapan.
Ø Media
adalah bentuk jamak dari perantara (
medium ) ,yang merupakan sarana
komunikasi.Berasal dari bahasa Latin
medium ( antara) ,istilah ini merujuk pada apa saja
yang membawa informasi antara sebuah sumber
dan sebuah penerima
2.Enam Kategoru dasar dari media:
1. Teks
2. Audio
3. Visual
4. Video
5. Perekayasa
( manipulative )
6. Orang-Orang
3.Rangkaian kesatuan kongkret /nyata – abstrak dimana siswa
bisa memanfaatkan kegiatan pembelajaran yang lebih abstrak sehingga siswa dapat
membentuk sekumpulan pengalaman yang lebih konkret untuk memberi makna pada
representasi kenyataan yang lebih abstrak.Pada waktu siswa menuju ke pengalaman
yang lebih abstrak ini,siswa akan mendapatkan informasi yang lebih banyak dalam waktu singkat melalui teks atau
audio,dengan syarat siswa memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memahami
simbol-simbol verbal tersebut.Sehingga pada dewasa ini,terjadi peralihan
penggunaan media yang dulu digunakan guru dalam kelas,
sekarang teknologi dan media dapat digunakan siswa kapan dan dimana saja
4.Belajar adalah perubahan
terus-menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman pembelajaran dan
interaksi pembelajar dengan dunia ( Dsriscoll,2000,hlm.11)
5. Empat Ranah
belajar :
1. Ranah
kognitif
Belajar dengan menggunakan serangkaian kemampuan
intelektual yang dapat dikelompokkan menjadi informasi verbal/visual atau kemampuan
intelektual
2. Ranah
Afektif
Ranah ini melibatkan sikap,perasaan,dan nilai-nilai.Dengan
tujuan menstimulasi minat terhadap suatu hal,mendorong perilaku spiritual
3. Ranah
Kemampuan Motorik
Dalam ranah motorik belajar melibatkan ketrampilan
atletik,manual dan ketrampilan fisik lainnya
4. Interpersonal
Dalam ranah ini melibatkan interaksi,hubungan antar orang
lain secara efektif
6.Empat perspektif spikologi
v Behavior perspektif adalah studi ilmu tentang perilaku
yang bisa diamati yang dapat membentuk pola perilaku organisme
v Kognitivis perspektif adalah teori belajar dengan
menciptakan model-model tentang bagaimana para pembelajar menerima,memproses,dan
merekayasa informasi dimana siswa siswa diajak untuk tidak bergantung pada
bimbingan guru dan lebih mengandalkan
strategi kognitif mereka sendiri dalam menggunakan sumber belajar yang tersedia
v Konstruktivitas perspektif menekankan pada keterlibatan siswa dalam pengalaman yang
bermakna sebagai inti dari pengalaman pembelajaran.Sehingga menekankan siswa
menciptakan penafsiran sendiri dari dunia informasi
v Perspektif psikologi sosial memusatkan pada efek organisasi sosial dalam
ruang kelas terhadap belajar.Dimana belajar kooperatif lebih efektif dan lebih
menguntungkan secara sosial ketimbang belajar kompetitif dan individualistic.
7.Perbedaan antara belajar dalam waktu bersamaan dengan
pembelajaran tidak dalam waktu bersamaan ada 2 buah yaitu:
ü Pengajaran yang langsung dimana saling berhadapan antara
pendidik dengan para peserta didik
ü Pendidikan jarak jauh diwaktu yang sama tetapi para
pembelajar bisa berada ditempat yang berbeda.
Persamaan
antara belajar dalam waktu bersamaan dengan pembelajaran tidak dalam waktu
bersamaan yaitu ; memungkinkan para pengajar yang berbeda untuk merasakan
konten yang sama pada waktu yang berbeda-beda.Dimana para peserta didik mandiri
menggunakan pogram computer ,cd interkatif atau tutorial web.dan memungkinkan
pengajaran tidak dalam waktu bersamaan dalam berbagai bidang studi
8.Perbedaan antara
informasi dan pengajaran/instruksi
Informasi adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan
sebagai input dalam menghasilkan informasi.Data merupakan input yang setelah
diolah berubah bentuknya menjadi output yang disebut dengan informasi.Selain
itu informasi dapat dikatakan berkualitas bila memenuhi empat hal yaitu :akurat,tepat waktu,relevan
dan lengkap.
Intruksi / pengajaran adalah pengaturan
informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi belajar yang dilakukan oleh
peserta didik atau instruktur.Dimana menurut Gagne tidak hanya lingkungan yang
terlibat dalam belajar tetapi juga
teknologi ,metode dan media yang diperlukan untuk menyampaikan informasi dan
panduan studi bagi para pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar