Rabu, 27 Mei 2015

TUGAS PRIBADI

1. Perbedaan antara Teknologi dan Media
Ø  Teknologi  adalah istilah yang berkaitan dengan dengan pemanfaatan dan pengetahuan tentang perkakas dan  ketrampilan.Teknologi berasal dari bahasa Yunani ,yaitu tecnologia yg diambil dari kata Techne yang artinya kemampuan dan kata logia yang berarti ungkapan. 
Ø  Media adalah  bentuk jamak dari perantara ( medium ) ,yang merupakan sarana komunikasi.Berasal dari bahasa Latin medium ( antara) ,istilah ini merujuk pada apa saja yang membawa informasi antara sebuah sumber dan sebuah penerima

2.Enam Kategoru dasar dari media:
1.      Teks
2.      Audio
3.      Visual
4.      Video
5.      Perekayasa ( manipulative )
6.      Orang-Orang

3.Rangkaian kesatuan kongkret /nyata – abstrak dimana siswa bisa memanfaatkan kegiatan pembelajaran yang lebih abstrak sehingga siswa dapat membentuk sekumpulan pengalaman yang lebih konkret untuk memberi makna pada representasi kenyataan yang lebih abstrak.Pada waktu siswa menuju ke pengalaman yang lebih abstrak ini,siswa akan mendapatkan informasi yang lebih banyak  dalam waktu singkat melalui teks atau audio,dengan syarat siswa memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memahami simbol-simbol verbal tersebut.Sehingga pada dewasa ini,terjadi peralihan penggunaan  media  yang dulu digunakan guru dalam kelas, sekarang teknologi dan media dapat digunakan siswa kapan dan dimana saja

4.Belajar  adalah perubahan terus-menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman pembelajaran dan interaksi pembelajar dengan dunia ( Dsriscoll,2000,hlm.11)

5. Empat Ranah belajar :
1.      Ranah kognitif
Belajar dengan menggunakan serangkaian kemampuan intelektual yang dapat dikelompokkan menjadi informasi verbal/visual atau kemampuan intelektual
2.      Ranah Afektif
Ranah ini melibatkan sikap,perasaan,dan nilai-nilai.Dengan tujuan menstimulasi minat terhadap suatu hal,mendorong perilaku spiritual
3.      Ranah Kemampuan Motorik
Dalam ranah motorik belajar melibatkan ketrampilan atletik,manual dan ketrampilan fisik lainnya
4.      Interpersonal
Dalam ranah ini melibatkan interaksi,hubungan antar orang lain secara efektif

6.Empat perspektif spikologi
v  Behavior perspektif adalah studi ilmu tentang perilaku yang bisa diamati yang dapat membentuk pola perilaku organisme
v  Kognitivis perspektif adalah teori belajar dengan menciptakan model-model tentang bagaimana para pembelajar menerima,memproses,dan merekayasa informasi dimana siswa siswa diajak untuk tidak bergantung pada bimbingan guru  dan lebih mengandalkan strategi kognitif mereka sendiri dalam menggunakan sumber belajar yang tersedia
v  Konstruktivitas perspektif menekankan pada  keterlibatan siswa dalam pengalaman yang bermakna sebagai inti dari pengalaman pembelajaran.Sehingga menekankan siswa menciptakan penafsiran sendiri dari dunia informasi
v  Perspektif psikologi sosial  memusatkan pada efek organisasi sosial dalam ruang kelas terhadap belajar.Dimana belajar kooperatif lebih efektif dan lebih menguntungkan secara sosial ketimbang belajar kompetitif dan individualistic.
7.Perbedaan antara belajar dalam waktu bersamaan dengan pembelajaran tidak dalam waktu bersamaan ada 2 buah yaitu:
ü  Pengajaran yang langsung dimana saling berhadapan antara pendidik dengan para peserta didik
ü  Pendidikan jarak jauh diwaktu yang sama tetapi para pembelajar bisa berada ditempat yang berbeda.
Persamaan antara belajar dalam waktu bersamaan dengan pembelajaran tidak dalam waktu bersamaan yaitu ; memungkinkan para pengajar yang berbeda untuk merasakan konten yang sama pada waktu yang berbeda-beda.Dimana para peserta didik mandiri menggunakan pogram computer ,cd interkatif atau tutorial web.dan memungkinkan pengajaran tidak dalam waktu bersamaan dalam berbagai bidang studi

8.Perbedaan antara informasi dan pengajaran/instruksi
Informasi  adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.Data merupakan input yang setelah diolah berubah bentuknya menjadi output yang disebut dengan informasi.Selain itu informasi dapat dikatakan berkualitas bila memenuhi  empat hal yaitu :akurat,tepat waktu,relevan dan lengkap.


 Intruksi / pengajaran adalah pengaturan informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi belajar yang dilakukan oleh peserta didik atau instruktur.Dimana menurut Gagne tidak hanya lingkungan yang terlibat dalam  belajar tetapi juga teknologi ,metode dan media yang diperlukan untuk menyampaikan informasi dan panduan studi bagi para pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar